ARTIKEL

BULAN DANAU TOBA DI BBI : Kuliner Wajib Danau Toba

08 Oct 2021

Mulai dari Sabang hingga Merauke, tersebar banyak sekali pilihan wisata kuliner khas nusantara yang menggugah selera, tidak terkecuali di Danau Toba. Dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, destinasi super prioritas yang satu ini juga dilengkapi berbagai makanan daerah yang memiliki cita rasa menggoda. Menjelajahi kekayaan wisata kuliner nusantara emang nggak ada habisnya, setuju?

Namun ingat ya, di mana pun anda berada, pastikan selalu menjaga kebersihan dan patuhi protokol kesehatan. Jadi, acara makan-makan tetap terasa nyaman dan pastinya aman.

Saat berada di Danau Toba, kira-kira kalian tertarik mencicipi kuliner yang mana, nih? Yuk, simak bersama daftar kuliner khas dan lezat yang ada di Danau Toba versi BBI!

1. Naniura


Naniura dikenal mirip dengan Sushi Orang Batak dan lebih nikmat Naniura. Makanan khas yang satu ini berasal dari Tapanuli, Daerah disekitar Danau Toba. Naniura merupakan kuliner khas Batak yang paling terkenal karena ikannya yang tidak dimasak, namun hanya dibumbui.

Dalam Bahasa Batak sendiri, Naniura adalah ikan yang diasami. Naniura ini dimasak dengan cara direndam dengan air asam jungga atau jeruk purut selama 6-7 jam.

2. Ikan Mas Arsik


Arsik Ikan Mas yang berasal dari daerah Sumatera Utara. Makanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar ikan mas yang dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda dengan masakan berbahan ikan lainnya.

Masakan khas Batak Toba ini rasanya sangat khas karena menggunakan andaliman/merica batak. Andaliman ini bakal tambah enak kalau ditambah bawang batak. hmm yummy banget ya!

3. Ayam Napinadar atau Ayam Padar


Hidangan khas Batak, Napinadar umumnya selalu ada di acara adat. Makanan satu ini memiliki rasa pedas nyelekit di lidah karena penggunaan andaliman. Satu lagi ciri khas napinadar yaitu campuran dari protein yang digunakan seperti darah ayam. Oleh karenanya, tak semua agama dapat menikmati napidar. Kalian tertarik?

4. Itak Gurgur


Itak Gurgur biasanya disebut sebagaai makanan tradisional yang disajikan ketika memanjatkan doa saat momen-momen tertentu. Misalnya dalam bertani, Itak Gurgur disebut dalam sebuah doa-doa untuk keberkahan dalam penanaman padi.

Doa ini dulunya dilakukan setelah lama negeri Sagala ditimpa musim kemarau, lalu masyarakat berdoa di masing-masing sawahnya dan memberikan sajian. Hujan pun mulai turun dan air mulai menggenang.

Itak gurgur dibuat dengan sangat sederhana tanpa dimasak. Bahan utama makanan ini adalah tepung beras yang telah dihaluskan. Sebelum ada alat penggilingan, beras hanya ditumbuk sehalus mungkin. Rasanya manis dan gurih. sepertinya cocok juga ya untuk dijadikan snack?

Bagi Anda yang hobby kuliner, Kawasan Danau Toba merupakan tempat yang cocok bagi Anda untuk merasakan aneka makanan khas Daerah ini. Rasa pedas dan empuknya makanan menjadi bagian yang khas disini. Itulah keempat kuliner khas Danau Toba yang wajib kalian coba!