ARTIKEL

BULAN SULAWESI UTARA DI BBI : Kopi Koya Minahasa Khas Manado

14 Oct 2021

Ada banyak jenis kopi di Indonesia, salah satu yang tak kalah dari kopi Gayo ini adalah kopi koya Minahasa yang berkualitas!

Ada sejumlah coffee house di Manado yang telah menyeduh single origin kopi Koya. Kopi satu ini punya rasa yang khas dan mulai jadi favorit. Bahkan kopi satu ini disejajarkan kualitasnya dengan varian kopi seperti Aceh Gayo, Toraja atau Bali. Kopi koya dikenal dengan ciri khas rasanya lemonade dan brown sugar oleh pencinta kopi.

Kopi Koya diolah secara tradisional oleh petani asal Kelurahan Koya, Uluna. Diolah dengan kearifan lokal, Kopi Koya merupakan jenis kopi Arabica yang tumbuh di Bukit Masarang.

Kopi ini baru mulai ditanam oleh petani Koya tahun 2012. Jenis bibitnya adalah Varietas Lini S dan Kartika. Tahun 2017, para petani di Kelurahan Koya Tondano lebih mengenal pengelolaan kopi tersebut. Saat itu, petani mendapatkan bimbingan dan edukasi langsung dari Ketua Asosiasi Petani Kopi Indonesia (APEKI) Jawa Timur Bambang Sriono.

Dijelaskan, kualitas kopi Koya akan ditentukan dengan beberapa tahap sampai diseduh, yaitu 60 persen saat di kebun, 30 persen saat diroasting dan 10 persen saat diseduh.Proses di kebun memang dominan dan terjadi saat proses pasca panen. Cara kopi diproses setelah dipanen akan memengaruhi, bahkan memberi efek dramatis pada hasil akhir, kopinya dapat diseduh.

Pada pertengahan 2018 lalu, hasil panen dari perawatan pohon-pohon kopi tersebut telah mampu dinikmati walau hasil produksinya terbatas. Kopi Koya Minahasa ini sudah terkenal hingga di mancanegara. Banyak turis seperti dari Perancis, Jerman, dan beberapa negara lain sudah pernah datang langsung melihat dan merasakan kopi Koya Minahasa di perkebunan.

Itu dia pembahasan tentang kopi koya minahasa khas Sulawesi Utara versi BBI. Kamu tertarik mencobanya? kalian bisa loh punya kesempatan untuk mecicipi kopi khas Sulawesi Utara dengan membelinya di https://redo-coffee.com/ . Yuk dukung terus produk lokal kita!