ARTIKEL

Digital Energy of Asia 2020, Jembatan Produk Indonesia untuk Mendunia

05 Sep 2018

Bentuk Nyata idEA Dalam Rangkaian Kegiatan Lokal Good

Produk Indonesia sudah makin dikenal dunia. Rendang dan sate, bahkan sudah diakui sebagai makanan terlezat dunia versi CNN lewat polling onlinenya. Batik sebagai kreasi seni juga sudah diakui UNESCO sebagai warisan asli Indonesia. Terakhir, Asian Games 2018 mengukuhkan perhelatan itu sebagai Energy of Asia, hasil kreasi bangsa. Satu hal yang jadi benang merah dari semua itu adalah semua punya peran penting berkat dukungan teknologi digital.

Pembukaan IESE 2017 (Indonesia E-Commerce Summit & Expo)

Maka tak salah, jika Digital Energy of Asia 2020 yang dicanangkan pemerintah menjadi peluang produk Indonesia agar makin mendunia. Inisiasi inilah yang terus didorong Asosiasi Digital Ecommerce Indonesia (idEA). Mulai dari tahun 2016 dengan mengadakan Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) dengan tema “Welcoming The Digital Energy Of Asia”, sebagai pameran dan event industri digital terbesar di Indonesia. Ini merupakan program perdana idEA sebagai stakeholder industri digital untuk mendukung visi pemerintah tersebut. Lalu, setahun berikutnya, IESE kembali digelar dengan menjadikan idEA sebagai pusat penghubung dan “center of e-commerce knowledge” bagi seluruh stakeholder di ekosistem e-commerce melalui tema “Empowering The Digital Energy Of Asia” 

Terkait dengan produk Indonesia, tentu tak lepas dari peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ataupun Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia. Ratusan bahkan ribuan produk asli Indonesia terus bermunculan. Namun tidak bisa dihindari, aneka produk UMKM itu harus bersaing langsung dengan produk jadi dari negara lain. Di tengah ketatnya persaingan e-commerce digital, ini semua jadi tantangan tersendiri. Untuk itulah idEA menggelar rangkaian acara roadshow bersama sponsor dan stakeholder untuk memberikan edukasi awal dan lanjutan mengenai e-commerce dan ekosistemnya di 34 kota di Indonesia. Acara ini telah menjangkau lebih dari 5000 pengusaha UMKM / IKM di tahun 2017 dan 2018. 

Pembukaan IESE 2017 (Indonesia E-Commerce Summit & Expo)
Pada tahun 2018 ini, sebagai bentuk tanggung jawab memajukan digital ekonomi Indonesia, idEA bersama eukm.online, para sponsor, dan pendukung komunitas pengiat UMKM / IKM akan menggelar acara 3 hari bertajuk LOKAL GOOD untuk mengembangkan bisnisnya melalui dunia online. Acara yang akan digelar di The Kasablanka, Kota Kasablanka Jakarta pada 12-14 September 2018 ini akan diisi materi tentang

  • Pemberdayaan UMKM menuju kekuatan baru digital ekonomi
  • Belajar bersama 20 lebih praktisi online
  • Sharing dan jumpa pelaku UMKM dan penyedia layanan dan jasa di area expo 

Tak hanya itu idEA di waktu bersamaan juga menggelar sebuah seminar dengan mengundang perwakilan Dinas dari berbagai daerah di Indonesia setingkat provinsi, kabupaten, dan kota yang bersinggungan dengan kebijakan pembinaan UMKM di daerah. Tujuan seminar dengan tajuk “STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI DIGITAL DI DAERAH MELALUI KOLABORASI E-COMMERCE & UMKM” akan mengupas tuntas semua pengetahuan, pengalaman dan ide-ide baru dalam meningkatkan ekonomi daerah melalui penggunaan platform digital dan e-commerce. Studi kasus akan dipaparkan bersamaan dengan kunjungan kerja ke kantor empat perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. 

Serta Meet Up idEA Member yaitu sebuah acara dimana para anggota idEA berkumpul sekaligus memberikan sharing terhadap trend industri & memberikan kiat keberhasilan dalam bisnisnya kepada member idea dan juga ke umum. 

Melalui ajang ini, akan terjadi kolaborasi, kerja sama, dan saling mengisi, antara pengusaha UMKM, mitra usaha, jago pemasaran, reseller, eksportir, dan tentunya pemerintah bersama jajaran pendukungnya. Pada ajang ini, visi The Digital Energy Of Asia disatukan dan dikolaborasikan jadi langkah nyata dari hulu ke hilir. Tujuannya, untuk memastikan bahwa dalam pembangunan e-commerce Indonesia, Produk Lokal era ekonomi digital bisa berjaya dan mendunia. 

Informasi Program

www.eukm.online/lokalgood 

Info/daftar via wa: 0822 9883 6445