ARTIKEL

idEA Adakan FGD tentang Rancangan Perubahan PP No. 82 Tahun 2012

13 Nov 2018

Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) adakan Focus Group Discussion (FGD) di Ashley Hotel, Jakarta pada hari Selasa (6/11). Diskusi grup ini membahas Rancangan Perubahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2012, yakni tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik.

FGD ini dihadiri oleh sekitar 23 anggota idEA, serta dipandu oleh Bima Laga selaku Ketua Bidang Ekonomi Digital. Melalui FGD ini, para anggota idEA dapat memberikan masukan perihal perubahan PP No. 82 Tahun 2012 dari segi pengalaman dan keahlian mereka. Selanjutnya masukan yang didapatkan secara tertulis maupun melalui diskusi akan disampaikan pada pemerintah.

Dalam FGD ini, terdapat beberapa topik fokus diskusi yang didasarkan pada draft rancangan terbaru revisi PP 82/2012 diantaranya adalah tentang kriteria Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) untuk pelayanan publik, ketentuan mengenai data pribadi, ketentuan right to be forgotten, uji kelaiakan sistem elektronik pada PSE, ketentuan sertifikasi elektronik dan identitas digital, penyelenggara transaksi elektronik dan klasifikasi data elektronik.