ARTIKEL

Menutup Akhir Tahun Lewat Pengalaman Belanja Online Yang Berbeda di Brilliant idEA Market

19 Dec 2016

Mengakhiri tahun 2016, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) yang merupakan wadah komunikasi antar pelaku industri E-Commerce Indonesia akan mempersembahkan satu event bertema Brilliant idEA Market yang bekerja sama dengan BANK BRI. Brilliant idEA Market  merupakan "event transaksi belanja langsung oleh penjual bisnis online to offline", kegiatan ini memberikan edukasi dan customer experiences kepada konsumen untuk agar dikemudian hari dapat lebih nyaman dan aman ketika melakukan belanja online, edukasi ini tidak hanya dari sisi Customer tetapi juga edukasi kepada Seller untuk memaksimalkan penjualan melalui media online.

Event ini akan diselenggarakan selama 3 hari, berlokasi di Jl. TPH – Senayan City, yaitu pada tanggal 16 Desember s/d 18 Desember 2016 dan menghadirkan 121 Merchant dari berbagai kategori commerce seperti fashion, travel, lifestyle, beauty & food.

"Terselenggaranya Brilliant Idea Market 2016 merupakan salah satu bukti bentuk keseriusan BRI dalam mendukung perkembangan Dunia E-commerce khususnya dalam hal penyediaan sistem transaksi belanja online yang aman, praktis dan mudah," ujar Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso. Event ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) pada tanggal 12 Desember 2016 dan juga bertepatan dengan HUT BRI yang ke-121 yang jatuh tepat pada hari ini tanggal 16 Desember 2016. Keseluruhan transaksi pada saat Event Brilliant idEA Market akan didukung sepenuhnya oleh Bank BRI dengan menghadirkan berbagai Program menarik bagi para nasabah setia Bank BRI, khususnya transaksi dengan menggunakan e-Pay BRI dan Kartu Kredit BRI.

Secara umum dari sisi profil produk sistem pembayaran, BRI saat ini memiliki beberapa pilihan fitur pembayaran E-commerce yang dapat dinikmati oleh Nasabah yaitu E-pay BRI, Kartu Kredit BRI dan BRI Virtual Account Online dengan masing-masing tata cara pembayaran menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

BRI menyadari salah satu poin penting untuk membangun kepercayaan masyarakat untuk aktif bertransaksi E-commerce adalah keamanan dalam bertransaksi, sehingga BRI terus berupaya dalam melakukan pengembangan fitur transaksi yang aman tetapi mudah untuk diaplikasikan, salah satu contohnya adalah system keamanan pada produk e-pay BRI yang menggunakan Mobile token dengan Pay Code dikirimkan ke Hp Nasabah yang telah diregistrasi sehingga tetap aman dan juga praktis tanpa harus membawa hard token terpisah saat bertransaksi. Selain itu secara mudah dan praktis E-pay BRI bisa dapat langsung digunakan bagi seluruh nasabah yang  telah teregistrasi Internet Banking BRI tanpa harus melakukan aktivasi E-pay. Serta enhancement produk pembayaran lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh nasabah BRI dalam waktu dekat.

Pada Event Brilliant Idea Market 2016 ini,  BRI ingin membuktikan komitmen perusahaan untuk dapat menjadi partner Bisnis yang dapat memberikan dukungan penuh berupa system pembayaran yang menjawab seluruh kebutuhan nasabah maupun kebutuhan dari seluruh perusahaan E-commerce. "BRI juga telah membuktikan eksistensi di Bisnis E-commerce dengan bentuk terjalinnya kerjasama di lebih dari 130 Merchant Online seluruh Indonesia saat ini, dan akan terus memperluas akseptansi dengan akuisisi 80 merchant e-commerce yang akan live dalam waktu dekat," imbuh Hari Siaga.

BRI juga menargetkan dengan terlaksananya Event Brilliant Idea Market 2016 ini, dan melalui sistem pembayaran yang telah kami sediakan, terdapat peningkatan transaksi sebesar 15.000 transaksi dengan sales volume sebesar 15 Milyar Rupiah. Selain itu di Event ini BRI juga menawarkan layanan Pembukaan Rekening Tabungan, Kartu Kredit dan aktivasi Internet Banking yang kami harapkan dapat mengakuisisi 2000 User baru.

Event yang mengusung konsep online to offline ini mendapatkan antusias yang baik dari para pelaku industri e-commerce, khususnya member idEA dan juga para pelaku industri kreatif di Indonesia. "Dengan adanya event ini, diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap metode belanja secara Online dapat meningkat dengan BRI sebagai penghubung antara Merchant dan Pelanggan melalui system pembayaran yang aplikatif bagi seluruh lapisan masyarakat," kata Hari Siaga.

idEA sebagai asosiasi commerce beranggotakan 280 member mendukung acara ini dengan tujuan untuk memberikan experience bagi pengunjung mengenai berlanja online secara offline dan juga mensosialisaikan kepada para pelaku bisnis untuk menuju e-commerce.Hal ini merupakan salah satu bagian dari program kerja idEA dalam menyambut inisiatif pemerintah mengenai peta jalan e-commerce di Indonesia.

Brilliant idEA Market akan memberikan customer experience yang berbeda kepada para citizen maupun netizen. Bisnis e-commerce yang semakin berkembang memberikan kesempatan yang besar kepada berbagai pihak terkait untuk dapat berpartisipasi aktif dan memberikan kontribusi terbaiknya bagi kemajuan dunia bisnis digital di Indonesia. Kehadiran Brilliant idEA Market sebagai event tutup tahun ini adalah salah satu langkah konkret BRI dan idEA dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat umum mengenai satu hal yang menjadi concern pemerintah saat ini, yaitu; less cash society. idEA berharap, untuk kedepannya akan lebih banyak pihak yang melakukan hal serupa ; "edukasi dan sosialisasi” ujar Aulia Marinto, Ketua Umum idEA.

Briliant idEA Market digelar dengan harapan lebih dari 120ribu pengunjung dan menyemarakkan "Midnight Sale Senayan City" pada hari Sabtu tanggal 17 Desember 2016.

Topik :