ARTIKEL

Strategi Hadapi Dampak COVID-19

10 Apr 2020

Merebaknya pandemi COVID-19 memberikan dampak besar terhadap perekonomian Indonesia. Tak hanya berpergian, masyarakat juga membatasi konsumsi yang pada akhirnya berimbas pada transaksi jual beli di pasaran. Berbagai elemen terkena dampaknya. Sebut saja restoran, pasar, pusat perbelanjaan, transportasi online, hingga UMKM.

Pembatasan tatap muka menjadikan internet sebagai pilihan terbaik agar bisnis tetap bisa berjalan, meski tak lagi lancer sebelum pandemi ini “menyerang”. Lantas bagaimana memanfaatkan internet bagi para UMKM, juga bisnis lainnya?

Manfaatkan E-commerce dan Media Sosial sebagai Channel Utama pemasaran
Di tengah kondisi ini, e-commerce dan media sosial menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk atau usaha yang dimiliki jika Anda belum mencobanya. Mulailah aktif menceritakan produk atau usaha, memberikan promo, hingga minta bantuan teman untuk bantu mempromosikan.

Rencanakan Ulang Pendapatan
Proyeksi pendapatan perlu penyesuaian. Harus lebih realistis menyesuaikan kondisi terkini di mana segala hal dibatasi dengan ketat.

Pangkas Biaya
Teliti ulang semua biaya. Biaya produksi, promosis, dan operasional. Pangkas yang memang tidak terlalu diperlukan.

Perhatikan Stock Barang
Stock barang jangan sampai berlebihan. Kurangi stock barang yang kiranya tidak bisa tahan lama. Hal ini akan menekan angka kerugian Anda. Selamat mencoba!